Kamis, 02 Desember 2010

Tak Ada Rotasi


Timnas Indonesia fokus menghadapi Laos di laga kedua Piala AFF 2010 Grup A besok malam. Jika berhasil menang, Firman Utina dkk dipastikan melaju ke babak semifinal. Itu setelah di laga pertama kemarin malam Indonesia menggasak Malaysia dengan skor telak 5-1.
Kabar baik bagi Indonesia. Menghadapi pertadingan penentuan besok malam, tim dalam kondisi utuh. Tidak ada pemain cedera.
Untuk menjaga kondisi, kemarin timnas melakukan latihan ringan di Lapangan C Senayan. Dalam latihan terbuka kemarin sore skuad Merah Putih dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok satu terdiri dari 11 pemain yang kemarin malam tampil sebagai starter. Kelompok kedua adalah pemain cadangan dan pemain yang tidak masuk dalam skuad.
Pelatih timnas Alfred Riedl kemarin memberikan porsi latihan berbeda kepada dua kelompok itu. Kelompok pertama lebih banyak melakukan peregangan dan durasi latihannya 30 menit lebih cepat selesai dibanding kelompok kedua. Sedangkan grup kedua diberi porsi latihan normal seperti biasanya.
Setelah latihan Alfred Riedl mengaku bersyukur karena tidak ada pemainnya yang cedera. “Ini menjadi modal penting untuk menghadapi Laos besok,” ujar Riedl. Pelatih yang pernah mengarsiteki timnas Palestina itu mengungkapkan, menghadapi Laos sejauh ini dirinya tidak ada rencana untuk melakukan rotasi pemain. Riedl mengaku puas dengan performa Firman Utina dkk saat meladeni Malaysia di partai pertama. “Tapi masih ada waktu dua hari untuk merecanakan yang terbaik,” lanjutnya.
Riedl sepertinya belajar dari apa yang terjadi pada dua pertandingan ujicoba di Palembang melawan Timor Leste dan Taiwan dua pekan lalu. Di dua laga pemanasan itu, Riedl sama persis memainkan para pemain starter seperti yang diturunkan melawan Malaysia kemarin malam. Nah, saat ujicoba itu, di awal babak kedua Riedl melakukan beberapa pergantian pemain dan ritme permainan langsung menurun.
Karena hampir pasti akan turun dengan formasi yang sama itulah, dalam sesi latihan kemarin line up inti tidak diberi porsi latihan banyak. “Kondisi stamina mereka harus tetap dijaga. Mereka juga harus dicegah untuk mendapatkanm risiko cedera saat berlatih,” beber Riedl.
Pelatih asal Austria ini kembali menegaskan, meski mengantongi kemenanagan 5-1 di partai pertama atas Malaysia, itu belum memberikan arti apapun bagi timnas Merah Putih. Masih ada dua pertandingan yang menentukan nasib ke level selanjutnya. “Bagi saya, tak ada lagi tim lemah di grup ini. Anda lihat kemarin, Laos mampu merepotkan Thailand. Kami belum mendapatkan apapun. Kami harus bisa memenangkan laga lawan Laos untuk mengamankan posisi," paparnya.
Para pemain juga terlihat semakin kompak dan percaya setelah melewati laga pertama dengan sempurna. “Kami berhasil melewati ujian pertama dengan bagus. Itu membuat semangat kami semakin tinggi. Mewakili pemain saja juga mengucapkan banyak terima kasih terhadap dukungan suporter yang luar biasa. Kami berharap dukungan itu kembali kami dapatkan di pertandingan selanjutnya,” ujar kapten tim Firman Utina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar